.

Article Update :

Permainan Tradisional "Congklak"


Gambar 1. Congklak

Assalamu’alaikum sahabat kecilku, selamat datang pada blog permainan daerah / tradisional ini. Kali ini kita akan mengenal lebih jauh permainan yang namanya congklak. Ada yang tahu apa itu permainan congklak teman-teman kecilku semua? Yuk kita mengenal lebih jauh.

Congklak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan dan batu-batu kecil.

Di Jawa, permainan ini lebih dikenal dengan nama congklak, dakon, dhakon atau dhakonan. Di beberapa daerah di Sumatera yang berkebudayaan Melayu, permainan ini dikenal dengan nama congkak. Di Lampung permainan ini lebih dikenal dengan nama dentuman lamban, sedangkan di Sulawesi permainan ini lebih dikenal dengan beberapa nama: Mokaotan, Maggaleceng, Aggalacang dan Nogarata.

Permainan ini di Malaysia juga dikenal dengan nama congkak, sedangkan dalam bahasa Inggris permainan ini disebut Mancala. Wah, permainan ini sungguh familiar ya sahabat.

Gambar 2. Congkak tanah
Nah, ada yang seru dan unik lagi tentang permainan ini. Biasanya didaerah-daerah yang jauh dari perkotaan. Permainan congklak ini dimainkan di tanah. Dan bijinya itu biasanya batu-batuan sungai. Yang tidak terlalu besar dan cocok untuk dimainkan berdua bersama sahabat kecil kita yang lain. Jadi jangan sombong sama sahabat kecil kita yang berada di kampong-kampung. Karena sebenarnya permainan ini berasal dari sana. Dan yang kita mainkan dengan peralatan yang sudah mewah ini itu adalah hasil inovasi dari kakak-kakak kita yang merindukan congklak ini tetap abadi.

Bagaimana sahabat? Rasanya pengen main congklak lagi yah… yuk kita bilang sama mama kita agar kita dibelikan congklak dan bisa bermain dirumah. Pasti seru … !
Share this Article on :

2 comments:

BELAJAR BAHASA said...

permainan congklak beradu strategi penempatan

Unknown said...

Bagus jawabannya benar✅

.

 

© Copyright Permainan Daerah 2012 -2015 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by M.Irfan Redha | Powered by Blogger.com.