.

Article Update :

Permainan Gasing



Permainan gasing adalah permainan tradisional yang sudah sangat lama dimainkan oleh orang tua kita maupun sang pendahulu. Permainan gasing ini sendiri memiliki keunikan tersendiri, yaitu memainkan dengan ketangkasan dan kelihaian. Kalau takut-takut mendingan menjadi penonton saja. Hehe..

Pada dasarnya, gasing adalah permainan yang terbuat dari batang pepohonan. Biasanya masyarakat jika hendak membuat gasing, mereka memilih kayu yang kuat. Seperti batang pete, batang jati, batang kayu entap, ada juga yang menggunakan batang pinus. Pemilihan bahan baku (batang kayu) sangatlah menentukan ketangguhan gasing kita.

Maaf sahabat sekalian, yang saya bicarakan disini adalah gasing yang terbuat dari kayu, bukan dari plastic maupun yang lainnya. Karena saya melihat dewasa ini keadaan gasing telah punah. Tidak terlihat lagi dari permukaan tanah. Melainkan sudah menjadi bahan koleksi para orang tua kita yang dulunya sering memainkan gasing kayu. 

Kalau kita Tanya kepada anak anak sekarang, mereka mungkin heran dan masih mikir jika kita Tanya “apakah pernah memainkan gasing?”. Wajar saja saudaraku sekalian, karena permainan tradisional sekarang sudah tergantikan dengan permainan modern yang super canggih dan tidak mengeluarkan keringat. Bandingkan dengan permainan tradisional (gasing), kalau tidak berkeringat, bukan main namanya.

Oiya, Diatas ada gambar gasing kayu yang dulunya berkembang pesat dan sering dimainkan oleh anak-anak. Saya juga pernah memainkannya dan membuatnya. Saya banyak belajar dari kakek saat membuat gasing yang “anti lonok”. “anti lonok” merupakan sebuatan kami sewaktu kecil saat tanding bermain gasing. 

Lonok artinya kepala yang dibawah setelah memangka (menghantam) punya lawan. Memangkanya juga ada beberapa macam, tergantung kesepakatan kita dengan lawan. Bisa dari depan, maupun dari bawah (sungkit). Tekhnik memangka yang bagus merupakan hal yang sulit dipelajari. Selain membutuhkan kesabaran, kita juga memerlukan ketenangan diri agar tepat sasaran. Jika saat menghantam gasing lawan, dan posisi gasing kita badannya yang dibawah maka kita akan menjadi pemenangnya. Begitu pula kebalikannya, jika kepala yang dibawah, maka kita akan kalah. Dan gantian yang akan menjaga (menaruh umpan).

Warisan permainan gasing ini merupakan permainan yang sangat beresiko. Bagaimana tidak, jika tidak pas kenanya maka gasing kita akan terlempar sesuai arahan yang kita berikan. Bisa saja gasing tersebut menubruk rumah, bahkan kepala teman kita sendiri.

Pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan gasing adalah, karakter yang kuat. Karena dalam permainan gasing ini, kita diajarkan bagaimana cara agar kita tegar menghadapi lawan gasing kita dengan mencoba untuk bersabar jika kalah. Sedangkan bagi pemenang pelajaran yang dapat diambil adalah bagaimana cara dia agar tetap kuat dan bisa mengalahkan lawan. Kelihaian, kejujuran, dan persahabatan akan sangat indah bila kita memainkan gasing ini. Bisa saja saat kita salah melempar gasing dan mengenai kepala sahabat kita, kita yang akan membantu pengobatannya. Dan mencoba untuk bertanggung jawab atas segala kondisi. Baik itu senang maupun susah.

Optimis, merupakan pelajaran lanjutan yang kita dapatkan dari permainan ini. Karena optimislah yang akan membawa kita menjadi pemenang dan mengenai gasing lawan. Bersahaja, bersahaja dilakukan saat teman kita sudah lama menjaga dan tidak mempunyai kesempatan untuk memangka, maka kita berikan kesempatan kepadanya untuk melakukan keinginannya untuk memangka. Setelah ia puas dengan hasil pangka annya maka ia juga akan lebih dekat sama kita.

masukan buat adik-adik, marilah sama sama kita beralih kepermainan tradisional. permainan ini sangat seru dik. buat orang tua, marilah sama-sama kita arahkan anak-anak kita untuk peduli terhadap permainan tradisional yang dulunya pernah kita mainkan. buat pemerintah, marilah, jangan segan-segan untuk menghubungi kita semua untuk mengadakan perlombaan permainan gasing.

Mungkin ini dulu pembahasan untuk permainan gasing. Lain kali akan kita sambung jenis-jenis permainan daerah/ permainan tradisional yang tidak kalah menariknya.
Share this Article on :

0 comments:

.

 

© Copyright Permainan Daerah 2012 -2015 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by M.Irfan Redha | Powered by Blogger.com.