Siraman Rohani

Article Update :

Permainan Anak Anak

Jumat, 01 Februari 2013


Gambar 1. permainan daerah

Zaman yang sudah serba canggih ini tidak menyurutkan anak-anak untuk tetap terus bermain. Malahan anak-anak terus-terusan bermain. Namun permainan anak anak sekarang sangatlah tidak save/nyaman bagi pertumbuhan fisiknya. Buktinya saja seperti permainan playstation (mohon maaf jika ada yang tersinggung). Ini suatu kenyataan yang harus kita akui akan keterpengaruhannya terhadap tumbuh kembang anak khususnya mainan anak Indonesia.

Permainan anak anak ini sudah menjadi tranding topic pada kawasan para pemerhati anak. Namun hanya sedikit perubahan dalam perbaikan pengaruh anak terhadap kecintaannya kepada permainan tradisional. Sungguh sangat miris hati kita menyaksikan kenyataan yang pahit ini.

Permainan anak anak dulu sangatlah luar biasa, selain melatih karakter sang anak, dapat pula melatih fisik sang anak agar tumbuh kembang dengan sehat. Permainan yang mengandalkan otot sangatlah cocok untuk bangsa kita saat ini. Kita tidak mengatakan bahwa kita lemah, namun alangkah baiknya jika permainan anak-anak ini kita lestarikan kembali.

Sebagai contoh permainan anak-anak jaman dahulu adalah permainan engklek. Permainan yang sangat bersahabat dan dapat mendekatkan kita dengan lawan kita. selain itu ada juga permainan gasing yang sering dimainkan dengan semangat yang tinggi. Dan sangat banyak manfaat permainan tradisional anak ini.

Harapannya agar anak-anak sekarang yang hidup di zaman modern. Marilah sama-sama kita kembangkan lagi semangat budaya kita. Yaitu, semangat permainan yang sangat bersahabat dengan kita. Marilah kita beralih dari yang sangat memboroskan energy listrik kepada yang hemat energy. Mudah-mudahan orang tua juga dapat menuntun anak anak dalam menjalankan aktifitas kesehariannya dalam bermain.
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

jika ada penjelasan dari blog permainan daerah atau permainan tradisional ini silahkan dikomentari dibawah ini. terimakasih. ^_^

 

© Copyright Permainan Daerah 2012 -2013 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by M.Irfan Redha | Powered by Blogger.com.